Sabtu, 14 April 2012

BERMAIN SAMBIL BELAJAR

Saya sering merasa terpojok pada saat liburan, dimana anakku selalu minta ditemani jalan-jalan ketempat bermain yang ada di mal, atau tempat-tempat hiburan. Kalau sudah datang ketempat itu akan tidak sedikit uang yang harus dikeluarkan untuk tiket masuk, jajan dan belanja yang tidak direncanakan.
Seringkali saya menyiasati dengan cara-cara yang lebih murah tapi memberi kepuasan kepada anak dan inginnya memberi nilai edukatif.

Ada beberapa cara yang bisa diberikan kepada anak dalam bermain :
1. melalui kegiatan olahraga seperti jalan santai, bersepeda atau berenang
2. melalui jalan-jalan ketempat umum dan memperkenalkan kepada anak kegunaan tempat umum tersebut
3. melalui kegiatan membaca dan bercerita
4. membuat hasil karya dari barang bekas
5. bermain game, dsb

yang perlu diperhatikan dalam kegiatan bermain ini adalah tujuannya, yaitu :
  untuk menciptakan lingkungan dan jenis permainan yang bersifat edukatif demi kepentingan anak. Dimana permainan edukatif dapat meningkatkan kemampuan berfikir, berbahasa, serta bergaul dengan orang lain. Selain itu anak dapat menguatkan anggota badan, menjadi lebih terampil dan menumbuhkan serta mengembangkan kepribadiannya. Permainan edukatif merupakan permainan yang dirancang dan dibuat untuk merangsang daya pikir anak termasuk meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan memecahkan masalah.
 Dengan tujuan ini diharapkan anak  lebih tanggap terhadap lingkungan, memiliki pengetahuan yang luas, terampil dan berkepribadian.
Dan yang terpenting adalah keterlibatan dan kedekatan orangtua dalam mendidik anak melalui kegiatan bermain yang menyenangkan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar